19
Sun, May

Gempa di Jepara, Terasa di Yogyakarta hingga Kuta

Ilustrasi / Istimewa

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 7 Juli 2020—Telah terjadi gempa bumi magnitudo 6,1 berpusat di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020) pagi ini. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 05.54 WIB dengan kedalaman 578 km dari. Lokasi gempa ada di 6.12 Lintang Selatan - 110.55 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut, atau 53 kilometer barat laut Jepara.

Gempa terasa hingga Yogyakarta, Mataram, Purworejo, Kuta dengan skala III MMI. Dalam skala ini getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Gempa Jepara juga dirasakan di daerah lain dengan kekuatan lebih rendah, seperti Denpasar, Kebumen, Banjar Negara, Cilacap, Boyolali, Krui, Pesisir Barat, Pangandaran, Tanggamus, Gianyar, Pekalongan, dengan skala II hingga III MMI. Dalam skala ini getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun, pengakuan banyak warga Jepara, Kudus, Pati dan sekitarnya di media sosial mereka tidak merasakan getaran gempa itu. “Kok yang di Jepara gak terasa, padahal dari tadi di kamar,” tulis @yeahnowigoget di Twitter. Sejumlah orang yang tinggal di Jepara menyahuti bahwa memang mereka tidak merasakan goyangan gempa.

Menurut akun @DaryonoBMKG  yang merupakan akun Kabid Informasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, hal itu terjadi karena hiposentrum gempa laut Jawa ini dalam sekali, maka spektrum guncangannya dirasakan dalam wilayah yang sangat luas.