19
Sun, May

Diterjang Banjir, Jembatan di Desa Kayen Ambrol

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Kayen, Clakclik.com—Sebuah jembatan penghubung antar dusun di Desa/Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ambrol diterjang banjir. Peristiwa terjadi pada Senin (23/11/2020) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Saat Kendeng & Muria Berkirim Banjir Ke Pati (clakclik.com)

Baca juga: Bupati Pati Tanam Pohon di Kendeng, Aktivis Lingkungan Bilang Kok Tutup Mata Soal Tambang (clakclik.com)

Baca juga: Pati Diterjang Banjir Dari Segala Penjuru (clakclik.com)

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun masyarakat mengaku terganggu lantaran jembatan itu merupakan jalur transportasi antar dusun dan juga menuju desa lain.

Ambrolnya jembatan yang dikenal sebagai Jembatan Karangwinong itu disebabkan karena aliran air sungai yang sangat deras akibat hujan.

Sejak 10 tahun terakhir, wilayah Kecamatan Kayen utamanya Desa Kayen sering diterjang banjir. Hal ini disebabkan diantaranya karena menurunnya daya dukung lingkungan di Kawasan Pegunungan Kendeng Utara yang merupakan kawasan penyangga untuk wilayah Sukolilo, Kayen dan Tambakromo, Kabupaten Pati.

Ambrolnya jembatan tersebut setidaknya menjadi peringatan bagi warga yang tinggal di Kawasan Pegunungan Kendeng Utara Kabupaten Pati akan ancaman banjir karena saat ini baru memasuki awal musim penghujan.

“Masyarakat di Kawasan Kendeng Utara (Tambakromo, Kayen, Sukolilo-red) khususnya harus waspada terhadap ancaman banjir tahun ini. Gunung Kendeng sudah sangat rusak akibat pertambangan dan alih fungsi lahan,” kata Ahmad Sholeh, salah satu pegiat lingkungan di Kecamatan Kayen. (c-hu)