19
Sun, May

Karena Korona, Warga Indonesia, Philipina dan India Dilarang Masuk Malaysia

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 1 September 2020—Dalam rangka perpanjangan pembatasan sosial untuk mengeliminasi penularan korona, Mayasia memberlakukan larangan warga Indonesia, Philipina dan India memasuki wilayahnya mulai 7 September 2020. Larangan ini akan berlaku hingga akhir 2020 nanti.

Dilansir Bloomberg, Selasa (1/9/2020), Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, menyatakan untuk sementara warga negara Indonesia, Filipina, dan India dilarang memasuki negara itu.

Alasan utama yang disampaikan pihak Malaysia adalah karena Indonesia dan Philipina mencatatkan jumlah kasus virus korona yang cukup besar di Asia Tenggara. Sementara India saat ini sedang bergulat dengan total infeksi mendekati empat juta jiwa.

Merespon kebijakan tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, mengatakan pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk mengantisipasi pelarangan tersebut, salah satunya adalah mengusulkan koridor perjalanan (travel corridor).

"Indonesia sudah mengusulkan travel corridor dalam kerangka ASEAN dan status usulan Indonesia saat ini masih dipelajari oleh negara-negara anggota ASEAN," ujar Faizasyah lewat pesan tertulis kepada wartawan. (c-hu)