19
Sun, May

Sudah Setahun Berjalan, Bisnis Klinik Pratama Bumdes Bersama Pati Belum Balik Modal

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Pati, Clakclik.com—Bisnis klinik pratama milik Bumdes Bersama Pati ini dikelola oleh PT. Maju Berdikari Sejahtera Pati (MBSP). Bumdes Bersama merupakan usaha gabungan 159 desa di Pati, Jawa Tengah yang sumber dananya diambilkan dari dana desa.

Khusus terkait dengan bisnis klinik pratama ini, PT. MBSP dimodali oleh Bumdes Bersama sebesar Rp.5 miliar untuk membangun 5 klinik yang menyebar di beberapa titik di wilayah Kabupaten Pati.

Direktur PT. MBSP Reza Adiswasono dalam acara parat umum pemegang saham (RUPS) tahunan PT. MBSP dan PT. Mitra Desa Pati (MDP)—keduanya dibiayai oleh Bumdes Bersama—bulan Juli 2020 lalu mengatakan bahwa hitungan BEP (break even point) atau balik modal (angka pengeluaran biaya dan angka pendapatan bernilai sama), jika pasien yang ditangani oleh 5 klinik itu berjumlah sekitar 8.000 pasien.

"Hingga akhir 2019 sudah ada 1.900 pasien BPJS terdaftar di Klinik Bumdes Sehat. Jumlah itu bertambah menjadi lebih dari 4.000 pasien BPJS pada Mei 2020. Titik impas, di mana pendapatan dan biaya sama (break even point/BEP) Klinik Bumdes Sehat, jika dapat mencakup paling tidak 8.000 ribu pasien BPJS. ," ujarnya Reza. (c-hu)