19
Sun, May

Di Indonesia, 1,6 Juta Ton Makanan Terbuang Pertahun

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 21 Nopember 2020—Setiap orang di Indonesia rata-rata membuang 6 kilogram makanan per tahun sehingga total makanan yang terbuang mencapai 1,6 juta ton per tahun. Ini menjadi ironis di tengah masih tingginya gizi buruk dan tengkes pada anak-anak Indonesia.

Tingginya makanan yang dibuang (food waste) ini disampaikan Rachmi Widriani, Kepala Bidang Ketersediaan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Jumat (20/11/2020).

Tahun 2019 BKP membuat penelitian di Jabodetabek mengenai total makanan yang dibuang di skala rumah tangga yang mencapai 113 kg per tahun atau 28 kg per orang per tahun, dengan rincian sayuran 7,3 kg per orang per tahun; buah 5 kg per orang per tahun; beras 2,7 kg per orang per tahun; menyusul lauk-pauk seperti tempe, tahu, daging hingga ikan.

Pembuangan makanan juga terjadi di rumah makan. Data BKP, makanan yang dibuang di restoran rata-rata 4,3 kg per orang per tahun. Di restoran yang paling banyak dibuang nasi atau beras, sedangkan sayur dan lauk pauk relatif kecil.

Kementerian Pertanian telah melakukan sejumlah upaya mengatasi masalah tersebut antara lain, dilakukan dengan memperbarui alat-alat pertanian hingga memperbaiki pengemasan untuk mencegah hilangnya makanan selama pengiriman. (c-hu).