19
Sun, May

Bertahun-tahun Tolak Sutet Tak Digubris, Warga Aksi Duduki Tapak Proyek

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Sukolilo, Clakclik.com—Warga Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Pati, Jawa Tengah penolak kabel Sutet melintas dipemukiman mengaku sudah sejak awal melakukan penolakan. Namun mereka mengaku pihak pemerintah maupun PT. PLN (Persero) tidak pernan merespon. Atas kenyataan itu, mereka melakukan aksi menduduki tapak proyek dan meminta agar proyek tersebut dihentikan.

Koordinator aksi Maswan mengatakan bahwa masyarakat sudah melakukan aneka cara untuk menyuarakan penolakan mereka.

“Audiensi dengan bupati dan para pihak sudah kami lakukan. Dalam audiensi itu saya masih ingat, pihak Dinas Lingkungan Hidup mengatakan bahwa Sutet tidak boleh melewati pemukiman karena berbahaya, tapi oleh PLN juga tidak digubris,” kata Maswan dalam orasinya, Kamis (3/12/2020).

Maswan bersama warga lain yang kebanyakan kaum ibu melakukan aksi menduduki tapak proyek dengan harapan ada perhatian dari pihak PLN dan pihak PLN mengalihkan jalur Sutet tidak melintasi pemukiman mereka.

“Kami minta agar proyek dihentikan sebelum ada kejelasan dari PLN. Kami itu hanya minta jalur kabel Sutet tidak lewat pemukiman warga, itu saja,” pungkas Maswan.