19
Sun, May

5 Desember; Hari Relawan Sedunia

Ilustrasi / Istimewa

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 5 Desember 2020—Sejak tahun 1985, setiap tanggal 5 Desember, PBB (Perserikat Bangsa-Bangsa) merayakan Hari Relawan Sedunia atau Internasional Volunteer Day. Hari Relawan Sedunia ini merupakan bagian dari hari-hari peringatan PBB.

Dalam peringatan Hari Relawan Sedunia PBB memberikan kesempatan bagi berbagai organisasi sukarelawan dan juga para relawan individu untuk menunjukan hasil kontribusi mereka pada tingkat lokal, nasional maupun internasional, dalam upaya mencapai pembangunan dunia yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Menurut United Nations Development Programme (UNDP), kerelawanan adalah sebuah bentuk perilaku sosial yang dilakukan atas dasar keinginan sendiri. Keinginan tersebut mampu membawa manfaat bagi komunitas dan masyarakat secara keseluruhan serta tidak didorong oleh alasan keuangan.

Dalam memperingati Hari Relawan Internasional ini, Relawan PBB berupaya menunjukan pentingnya untuk menjadi relawan dan mencoba membangun diskusi global untuk mengatasi masalah-masalah volunterisme di dunia. (c-hu)