19
Sun, May

Bahaya! Antibiotik untuk Ayam Broiler; Obat keras yang Dijual Bebas

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 16 Juli 2021—Betapa mudahnya orang mengakses antibiotik untuk ternak ayam broiler. Dari berbagai situs jual-beli daring, bermacam merek obat keras itu beredar luas tanpa teridentifikasi sebagai produk yang aman atau bukan.

Baca juga: https://www.clakclik.com/72-peristiwa/1768-lampu-kuning-ayam-broiler

Padahal antibiotik yang tergolong sebagai obat keras untuk hewan ternak sejatinya tak boleh digunakan sembarangan. Meski begitu, obat tersebut ternyata beredar bebas di toko daring dan luring.

Peredaran tanpa pengawasan ini bisa berujung pada penyalahgunaan yang berdampak bagi kesehatan hewan dan manusia nantinya.

Obat colistin, misalnya, yang dilarang penggunaannya oleh Kementerian Pertanian sejak 2019 ternyata masih beredar dalam situs jual-beli daring. Padahal, colistin termasuk antibiotik yang ketersediaannya kritis, bahkan bagi manusia sekalipun.

Colistin menurut WHO merupakan List of Critically Important Antimicrobials for Human Medicine. Colistin pada manusia adalah ”senjata pamungkas” jika saat menderita infeksi tidak mempan ditangani dengan beragam antibiotik. (c-hu)