19
Sun, May

545 Dokter, 445 Perawat Meninggal Karena Covid-19

Ilustrasi / Clakclik.com

Peristiwa
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

Clakclik.com, 18 Juli 2021—Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia atau PB IDI mencatat ada 545 dokter meninggal akibat Covid-19 hingga Minggu (18/7/2021). Beban kerja tenaga kesehatan yang berlebih jadi salah satu alasannya.

Ketua Tim Mitigasi PB IDI M Adib Khumaidi mengatakan, persentase kasus aktif Covid-19 meningkat dari 6 persen menjadi 18 persen dalam sebulan terakhir. Jika lonjakan kasus terjadi terus-menerus, potensi rumah sakit kolaps semakin tinggi.

”Saat ini kita dihadapkan dengan kapasitas (layanan kesehatan) berlebih, supply dan demand yang tidak seimbang, obat dan alat kesehatan yang terbatas, hingga keterbatasan sumber daya manusia karena paparan Covid-19. Dalam ilmu kesehatan, ini disebut functional collapse,” kata Adib pada konferensi pers daring.

 Sementara itu, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pun mencatat 7.392 perawat positif Covid-19 dan 445 perawat meninggal. Tenaga kesehatan lain, seperti bidan, apoteker, hingga tenaga lab pun turut terpapar Covid-19.

Lonjakan kasus Covid-19 menyebabkan jumlah pasien yang ditangani tenaga kesehatan semakin banyak. Penambahan fasilitas kesehatan, seperti tempat tidur dan ruang perawatan, pun turut menambah beban kerja mereka. (c-hu)